BerandaBlogBelajar Membangun Backlink

Belajar Membangun Backlink

Backlink menjadi salah satu penentu suatu blog bisa menduduki peringkat utama di mesin pencari. Sehingga pertanyaan seputar backlink ini sangat bervariasi, Mulai dari apa itu backlink? Manfaat backlink, Cara mendapatkan backlink gratis dan juga cara membuat backlink.

Melalui postingan ini, kita akan bersama-sama belajar tentang fungasi dar backlink untuk blog. Anda yang pemula baru terjun ke dunia blogging tidak usah cemas, Karna kami akan mencobanya untuk mejabarkan pengertian backlink secara gambaran yang menurut saya simpel dan mudah di mengerti untuk pemula.

Apa Yang dimaksud Backlink?

Apa Yang dimaksud Backlik…?

Backlink adalah sebuah link yang dipasangkan pada sebuah laman website/blog yang mengarah ke halaman postingan pada website ataupun blog anda.

Dari namanya, Backlink yang artinya adalah link yang kembali. Kita ambil contoh situs A memberikan link yang mengarah pada postingan situs si B. aktifitas seperti inilah yang disebut backlink external.

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimazition) backlink external merupakan optimasi Seo Of Page.

Yang kedua ada istilah backlink internal. Yang artinya, Backlink internal ini merupakan link yang di arahkan pada postingan yang sudah di buat sebelumnya. Di dalam istilah SEO, Backlink semacam ini dikatakan Optimasi SEO On Page.

Baik, kita lanjut pada manfaat backlink beserta fungsi untuk blog.

Apa itu manfaat atau Fungsi backlink Pada Blog?

Apa itu manfaat backlink..?

Manfaat Backlink berserta fungsinya adalah untuk mendatangkan banyak pengujung baru kepada blog yang diberikan backlink.

Semisal blog SI.A mendapatkan 100rb visitor setiap harinya, Lalu blog SI.A tersebut memberikan backlink pada blog SI.B. Secara otomatis ada sebagian pengunjung blog SI.A tertarik untuk melihat isi blog dari SI.B.

Jadi, Fungsi utama dari backlink ini untuk mendapatkan lebih banyak visitor melalui link referens yang ada di situs SI.A. Dalam istilah SEO, Aktifitas seperti ini merupakan optimasi SEO Of Page. dikarenkaan melakukan optimasi dari luar blog.

Backlink sendiri dibagi menjadi beberpa pembagian, Apa saja pembagian dari backlink ini….? Apa perbedaan dari backlink antar situs dengan antar postingan….? Mari akan saya jelas secara pelan supaya anda mudah dalam memahaminya.

Jenis Jenis Backlink

Seacara garis besar, Backlink dibagi menjad dua bagian.

  1. Backlink NoFollow : merupakan backlink keluar yang mengarah pada laman situs postingan blog orang lain. Dikatakan backlink nofollow dikarenakan memiliki printah khusus untuk google suapaya tidak mengindek situs yang diberikan link tersebut.
  2. Backlink DoFollow : merupakan backlink yang diberikan oleh blogger kepada postingan blog orang lain. Dinamakan baclink DoFollow dikarenakan memiliki perintah kusuh untuk google yang untuk bloh suoaya

Yang pertama ada backlink internal, dan yang kedua ada backlink external. dari kedua jenis backlink diatas semua sama-sama dibutuhkan.

Seperti contoh, Sebelumnya admin sudah membuatkan tutorial cara membuat blog gratis menggunakan blogspot dan WordPress.

Perharikan pada bagian link yang berwarna biru ditas merupakan backlink inernal yang saya arahkan linknya pada bagian postingan sebelumnya.

Sedangkan Backlink External adalah link yang diberikan oleh website lain kepada website kita.

Cara Membuat Backlink Yang Baik dan Berkualitas Untuk SEO

Pada dasarnya, Backlink ini digunakan dengan tujuan untuk memberi tahun BOOT Google dan juga pengunjung blog bahwasanya pembahasan yang ditulis dalam suatu artikel yang sedang di baca oleh pengujung memiliki referensi kuat dari berbagai sumber tulisan website ataupun blog lainya.

Namun semakin kesini, Ternyata ada banyak para blogger yang memainkan backlink hanya untuk mengkelabuhi mesin pencari. Harapanya membuat backlink itu sendiri agar blog utama yang ia kelola bisa menduduki laman utama google (Page One).

Apakah teknik backlink seperti ini boleh…? Apakah google tidak melakukan upaya untuk menghapus kecurangan ini…?

Google memiliki sistem algoritma yang hingga saat ini masih menjadi mesteri untuk para blogger. ada beberapa kasus blog yang di tanamkan backlink malah jadi deidex (Tidak ter indek sama sekali) di laman pencarian google.

Biasanya blog-blog yang terkenak de-index dikarenakan backlink ini merupakan blog yang menggunakan backlink tidak natural. Bukan hanya tidak natural saja, ada juga beberapa kasus dikarenkan terlalu banyak link yang dibuatnya.

Lalau Seperti Apakah Contoh Artikel Backlink Yang Baik…?

Contoh Artikel Backlink Yang Baik
Contoh Artikel Backlink Yang Baik

Sebenarnya ada banyak syarat yang harus terpenuhi untuk dapat memainkan backlink blog ini. Namun disini kami akan mengulasnya beberapa saja. Berikut in syarat backlink yang baik untuk blog :

1. Backlink Natura

Backlink natural tentunya lebih baik bila dibanding dengan backlink yang dibuat-buat. Semisal anda membahas tetang cara membuat blog gratis, Maka backlink yang seperti di atas akan terlihat natural oleh google.

Ada juga beberapa orang yang membuat backlink dengan sengan memisahkanya dengan sebuah kata. Untuk contoh seperti di bawah ini.

Baca Juga : Cara mendapatkan Backlink Organic

Backlink seperti diatas saya anggap juga tidak masalah selagi pembahasan yang disampikan memiliki topik yang sama. Namun yang terbaik untuk penerapanya menggunakan kata yang pas seperti contoh yang pertama.

2. Membuat Backlink dari Blog Yang Memiliki PA DA di Atas 20

Untuk membuat backlink yang baik dan memiliki performa yang bagus di hadapan google ada kriteria tertentu yang harus anda lakukan. kriteria blog yang baik dijadikan sebagai backlink sebagai berikut :

  1. PA di atas 20
  2. DA di atas 20
  3. Memiliki tingkat spam scor dibawah 10
  4. Memiliki alexarank yang ramping (Kecil)

Untuk dapat mengetahui kriteria blog yang seprti saya kata diatas, Anda dapat memanfaatkan tools WebsiteSeoChecker.

Buka situsnya melalui link diatas > selanjutnya tempelkan nama domain situs yang akan dijadikan sebagai backlink untuk meningkatkan blog yang baru dibuat.

Website SEO Checker

Dari gambar SS diatas sebenrnya sudah mencukup syarat untuk dijadikan backlink blog baru, Hanya saja spam skor dari website saya itu tinggi.

3. Tunggu Usia Blog Baru Sampai 3 Bulan

Nah khusus teman-teman blogger nih yang baru bermain backlink jangan sampai memberikan link building pada blog yang baru umur di bawah 3 bulan. Smisal punyak blog baru nih umurnya masih 2 bulan terus di buatkan link building.

Biasanya bukanya malah nambah bagus untuk seo, tapi bisa di de idex oleh google. Jadi de idex itu tidak terindek sama sekali ya guys dikarenakan masuk dalam spam link. So pastikan anda yang mau membuilding blog melakukan beberapa langkah diatas agar backlink yang dibuat menjadi backlink organik dihadapan google

Akhir kata, Saya Basith ID mengucapkan banyak termakasih pada teman-teman yang sudah membaca tulisan saya ini. Jangan lupa untuk melihat semua tips blogger lainya pada bagian kategori. semoga sukses.

Rekomendasi :

Artikel Terkait :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here